Halaman

Sabtu, 12 Januari 2013

7 Cara Mengobati Kecanduan Sosial Media



Layanan jejaring sosial sudah menjamur di era digital saat ini. Penggunan-nya pun sudah bukan lagi monopoli user biasa, namun sudah merambah ke pengguna bisnis dan organisasi.
Sosial media membawa banyak pengaruh pada perilaku manusia, baik juga buruk. Salah satu efek buruknya adalah pengguna mulai kecanduan dengan jejaring sosial terutama twitter dan facebook.
Dampak dari hal tersebut adalah, makin sering kita jumpai orang-orang yang berkumpul di satu meja namun sibuk dengan gadgetnya masing-masing atau terjadinya penurunan kualitas bahkan produktifitas pekerjaan. Mereka terlihat seperti kecanduan jejaring sosial.
Nah bagaimana jika kita sudah kecanduan dan ingin mengobatinya? berikut beberapa tipsnya.

1. Atur waktu online
Cara paling mudah adalah menggunakan stopwatch atau alarm untuk mengontrol penggunaan internet. Beri jatah waktu untuk mengakses facebook atau twitter.

2. Gunakan teknologi ‘primitif’
Dapat pesan di inbox facebook? balas dengan menelponnya, terkesan lucu, aneh dan primitif? ya memang, namun dengan telepon kita benar-benar berinteraksi dengan manusia.

3. Sosialisasi offline
Keluarlah, jangan hanya menjadi orang yang memiliki banyak follower di twitter namun tidak memiliki pergaulan di dunia nyata. Ikuti acara-acara komunitas atau desa kemudian berbaurlah. Jangan hanya ramai berkicau di twitter namun saat bertatap muka secara langsung tidak bisa berinteraksi dengan baik.

4. Batasi penggunaan jejaring sosial
Apakah anda termasuk tipikal orang yang memiliki semua layanan jejaring sosial di internet? mulai Facebook, MySpace, Google+, Digg atau yang lainnya? Jika iya, maka mulailah membatasi menggunakan layanan tersebut, jangan aktif di banyak layanan yang memiliki fungsi sama.
Contoh: Pilih Facebook atau MySpace, jangan keduanya atau pilih Digg atau Stumble Upon

5. Pahami prioritas
Jika anda berada di kantor, prioritas anda adalah menyelesaikan pekerjaan. Bermain-mainlah dengan jejaring sosial saat istirahat atau waktu kosong. Jangan membuang waktu setiap menit ganti profil picture atau status di BBM.

6. Uninstall aplikasi di handphone
Sebenarnya anda tidak terlalu membutuhkan aplikasi Facebook atau twitter di handphone anda, kecuali jika anda memang bekerja dengan keduanya. Hapus aplikasi tersebut, jangan sampai anda diputusin pasangan karena blackberry.

7. Habiskan waktu dengan keluarga, sahabat atau orang tercinta
Saat memiliki waktu luang, akan lebih berharga untuk menghabiskannya dengan keluarga, sahabat atau orang tercinta dibandingkan dengan update status di facebook atau mencari kenalan lewat Yahoo Messenger.
Itulah tujuh cara untuk mengobati kecanduan terhadap penggunaan jejaring sosial, ada yang sudah mencobanya? ataukah ada ide lainnya?

http://lifehacks.web.id/7-cara-mengobati-kecanduan-sosial-media



Tidak ada komentar:

Posting Komentar